Duolingo: menguji kemampuan berbahasa asing di Handphone

Entah sih sebenernya yang betul yang mana judulnya belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar, sama ajalah pokoknya ini mengasyikkan banget buat yang suka banget main game di hape (saya khususnya) tapi pengen tetep bisa belajar juga (ceileh). Ngga maksud promosi, Cuma mau berbagi mungkin ada yang pengen belajar bahasa asing tapi bosen dengan text books bisa belajar pake aplikasi ini, karena jatohnya jadi “MAIN GAME” hehe.

Aplikasi yang saya maksud itu namanya “Duolingo”, didalam aplikasi ini ada beberapa bahasa yang bisa kita pelajarin (buat saya sih cukup banyak), seru.. iya sih perlu koneksi internet, tapi “mainan” ini bisa bermanfaat. Buat saya ini manfaat banget, lewat aplikasi ini saya bisa belajar bahasa Jerman, (kan bisa minta ajarin mbak Maya, Wi?) iyaa.. itulah beruntungnya saya, dipertemukan sama mbak Maya dan juga si “mainan” ini, karena mbak maya sebagai guru yang menjelaskan secara detail, aplikasi ini sebagai tempat latihan, kan jadi kalo nanya” bahasa jerman ke mbak Maya ngga “hah heh hoh” banget gitu.. hehe.

Duolingo ini aplikasi yang cukup bisa membantu kita dari segi penulisan kalimat, dan pengucapan bahasanya, asal rajin juga sih latihannya, hehehe, karena memang disediakan didalammnya, untuk bisa memiliki aplikasi belajar bermain ini bisa diunduh di “Play store” dan menuliskan dalam pencarian “duolingo” dan klik instal (yah yang saya haarus sudah update, hii)

Screenshot_2015-03-27-21-20-34

Setelah penginstalan berhasil, buka aplikasinya dan pilih saja bahasa mana yang kira-kira mau kita pelajarin (ada cukup banyakkan? Dan itu masih ada lagi lanjutannya) karena aku memang suka dan ingin mempelajari bahasa Jerman saya memilih Jerman, kenapa? Yaa.. cita-cita saya sekaligus biar bisa ada yang ngajarin nantinnya, hehehe.. (digambar Jermannya ngga ada karena sudah saya pilih, buat contoh klik “Italian”)

Screenshot_2015-03-27-21-22-04

Dan muncul gambar berikut,

5

 

untuk saya sebagai pemula saya memilih basic/beginner, yaah sambil buat ngapalin dulu, hehe, tapi buat temen-temen yang sudah mahir, atau untuk mengulang ya bisa langsung ke “placement Test”, setelah memilih akan muncul gambar berikut dan bisa dimulai untu “bermain gamenya”,

6

Keseru buat saya dari aplikasi ini adalah kita bisa tau bagaimana pengucapannya dan penulisannya bahasanya, untuk desain gambar/ tema didalamnya nya juga ngga bikin mata jenuh dan ngga terlalu ramai, jadi bener seperti main “gamekan”?hihihi. kalau jawaban kita benar, akan maju ke latihan berikutnya, apabila salah kita diberitahu mana yang salah seperti gambar ini,

3

bisa dilajutkan tapi dari gambar ini kita juga jadi tau kesalahan kita dimana, dengan diberi kesempatan untuk melakukan 4 kali kesalahan (gambar hati disebelah kanan pojok) dan akan berkurang dilevel berikutnya, membuat kita jadi bisa lebih telitikan dalam memilih ataupun menuliskan.

Duolingo ini juga bisa mengundang teman untuk joinan, tapi dengan mempelajari yang sama, itung-itung buat saingan belajar bahasa, bukan maksud saingan untuk menjatuhkan, tapi lebih kepada seberasa sih kemajuan tiap hari dari main “games” nya, hehehe, dan untuk mengundang teman dengan masuk dalam menu “friend”, klik “ADD” dan masukkan email teman yang ingin diundang, bersaing deh..

4Gimana?

Biasa aja Wi !!!” iya memang biasa aja sederhana, tapi setidaknya bisa bermain yang seru dan manfaat loh, kalau saya sih jadi semkin penasaran, karena sering banget ngelakuin salah, walaupun sebenernya kita bisa tahu duluan kok jawabannya sebelum kita memilih atau menuliskan jawaban kita, tapi kalau ngga gitu, ngga belajar dong kita, yah sama aja kalau kita main game yang perang-perangan tiba-tiba kita bisa menang tanpa ada perjuangan walaupun terlihat mudah dan sederhana? Kan bakal ngga enak juga.

Yaah ini sih hanya mencoba berbagi, siapa tau bisa berguna, mengisi waktu luang (dalam perjalanan pulang dikereta seperti saya) hihihi. Oiya satu lagi, saya belum tau sih aplikasi ini ada atau tidak untuk hendphone seperti “whiteberry/Ipun” (nama disamarkan) karena saya mencobanya pada “anroid”, harusnya si dan semoga ada yah teman-teman, Selamat.