Duolingo: menguji kemampuan berbahasa asing di Handphone

Entah sih sebenernya yang betul yang mana judulnya belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar, sama ajalah pokoknya ini mengasyikkan banget buat yang suka banget main game di hape (saya khususnya) tapi pengen tetep bisa belajar juga (ceileh). Ngga maksud promosi, Cuma mau berbagi mungkin ada yang pengen belajar bahasa asing tapi bosen dengan text books bisa belajar pake aplikasi ini, karena jatohnya jadi “MAIN GAME” hehe. Read More

Banyak baca yok.. hehe

Hallo Penabuluers… pada sehatkan yah? Hehe.

Semoga semua pada sehat yah, amin.. ditulisan ini saya mau menceritakan mengenai pelajaran baru lagi yang saya dapat waktu saya bantuin “ngetik-in” laporan triwulan ibu saya. Saya yang menuliskan ibu saya mendiktekan. Ibu saya mulai mendiktekan dari judul laporannya yaitu program pembinaan kesehatan lanjut usia, sayapun langsung bertanya dalam pikiran apa “pembinaan kesehatan lanjut usia itu apa yah? Ada yang tau kah?.

Sambil terus menuliskan apa yang ibu saya katakan, sayapun membaca apa yang saya tuliskan, mungkin masih ada yang belum tau, kenapa usia lanjut itu perlu pembinaan, iyaa ngga? Ya,, samalah saya juga belum tau, namun dari penyampaian ibu saya, saya bisa sedikit menangkap kenapa lanjut usia ini diperlukan pembinaan kesehatan. Ternyata lanjut usia itu merupakan figur tersendiri yang kaitannya dengan sosial budaya bangsa, secara kehidupan nasional lanjut usia sendiri merupakan sumber daya yang bernilai sesuai dengan pengetahuan, pengalaman hidup dan kearifan yang dimiliki yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat. Read More

Youtube-an di handphone secara Offline

Hallo penabuluers..

Malam ini saya mau menceritakan ilmu yang siang tadi saya dapatkan dari mbak maya, tentang gimana caranya nonton youtube dihandphone secara berulang-ulang tanpa harus online. hihi. mungkin sudah ada yang tau, tapi.. siapa tau bisa bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya, karena buat saya orang yang suka youtube-an di perjalanan menuju markas itu berguna syekaliih, hehe. Read More

Perjalanan 45 Menit

Sudah sering rasanya mendengar penuhnya kereta Jakarta-Bogor saat jam pulang kerja, yaah.. itu adalah sebuah alur perjalanan yang saya rasakan hampir setiap harinya, rasa lelah yang awalnya begitu terasa menyebalkan kini menjadi sebuah hal yang dirindukan ketika sehari saja saya tidak mengalaminya. Setiap harinya selalu ada cerita dalam sebuah perjalanan 45 menit itu, perjalanan dari Pasar Minggu-Bogor, singkat namun selalu membuat saya tersenyum.

Seperti hari selasa kemarin, entah kenapa hari selasa ini stasiun pasar minggu begitu ramai, hiruk pikuk diluar stasiun pasar minggu jauh lebih ramai dari biasanya, banyak sekali keributan kecil antara pejalan kaki dan pengendara motor yang sama-sama tidak mau mengalah. Saya yang berada diantara keributan kecil itu lebih memilih untuk tidak mengikuti cara mereka, tapi lebih memilih untuk berjalan ketika pengendara memang memberikan jalan untuk pejalan kaki menyebrang. Read More