Voila !

Hay Penabuluers, apa kabar?

Kalo kemarin Mba Maya update kehebohan Mba Maya lewat cerita All About My FIRSTnya, sekarang saya yang mau update kehebohan saya juga, hehehe. Sama ini juga pengalaman pertama juga, kalo Mba Maya pengalaman pertama kali camping di gunung, kalo saya pengalaman pertama nonton konser dan itu konser Band Korea. AHAHAHAHHAHAHA. Udah pasti pada jengah deh “kenapa mesti banget Boy Band Korea?” iyaa.. saya juga kadang berpikir kenapa mesti “Korea?”. Saya aja bingung gimana orang lain? Tapi yang mau saya ceritain bukan soal konser Koreanya si, (tapi… ada juga si ceritanya) lebih ke “pada percaya kan sama rejeki itu udah ada yang mengatur?” naaah.. cerita ini yang saya mau angkat dalam cerita ini *kibas jilbab* hihi. Read More

Takhlukan Dirimu.

Hallo penabuluers..

Mau berbagi cerita aja sih, pengalaman saya 3 minggu yang lalu, sekaligus mau coba untuk mengartikan kesempatan saya ini *bahasanyaaaaa*. 3 minggu lalu waktu jumat udah libur, menjadi minggu yang paling saya nantikan bersama teman2 SMA saya, karena kami punya rencana untuk mencoba kembali melihat ciptaan Tuhan yang lainnya, kali ini ke Tamam Nasional Gunung Gede Pangrango. Iyaa.. saya bersama teman-teman saya (sok-sokan) jadi pendaki gunung. Ahahaha.

Read More

6 bulan belajar di penabulu.

6 bulan sudah di Penabulu, baru sebentar yaa? Yaaa… sebenarnya ngga sebentar juga si, tapi blm bisa dibilang lama menurut saya, tapiiiiii…. ilmu yang saya dapat selama 6 bulan ini cukup membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik, *weeess* hihii. Pertama kali saya masuk jujur saya masih bingung apa yang harus saya kerjakan, sayapun diajak untuk mengikuti pelatihan TFCA mengenai 10 langkah Konservasi di Rumah Kemuning selama seminggu. Pelatihan ini membuat saya sebagai lulusan kehutanan antusias karena selama dibangu kuliah, saya belum mendapatkan ilmu ini, *duh..aduh kemana aja wi*. Read More

Duolingo: menguji kemampuan berbahasa asing di Handphone

Entah sih sebenernya yang betul yang mana judulnya belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar, sama ajalah pokoknya ini mengasyikkan banget buat yang suka banget main game di hape (saya khususnya) tapi pengen tetep bisa belajar juga (ceileh). Ngga maksud promosi, Cuma mau berbagi mungkin ada yang pengen belajar bahasa asing tapi bosen dengan text books bisa belajar pake aplikasi ini, karena jatohnya jadi “MAIN GAME” hehe. Read More

Banyak baca yok.. hehe

Hallo Penabuluers… pada sehatkan yah? Hehe.

Semoga semua pada sehat yah, amin.. ditulisan ini saya mau menceritakan mengenai pelajaran baru lagi yang saya dapat waktu saya bantuin “ngetik-in” laporan triwulan ibu saya. Saya yang menuliskan ibu saya mendiktekan. Ibu saya mulai mendiktekan dari judul laporannya yaitu program pembinaan kesehatan lanjut usia, sayapun langsung bertanya dalam pikiran apa “pembinaan kesehatan lanjut usia itu apa yah? Ada yang tau kah?.

Sambil terus menuliskan apa yang ibu saya katakan, sayapun membaca apa yang saya tuliskan, mungkin masih ada yang belum tau, kenapa usia lanjut itu perlu pembinaan, iyaa ngga? Ya,, samalah saya juga belum tau, namun dari penyampaian ibu saya, saya bisa sedikit menangkap kenapa lanjut usia ini diperlukan pembinaan kesehatan. Ternyata lanjut usia itu merupakan figur tersendiri yang kaitannya dengan sosial budaya bangsa, secara kehidupan nasional lanjut usia sendiri merupakan sumber daya yang bernilai sesuai dengan pengetahuan, pengalaman hidup dan kearifan yang dimiliki yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat. Read More

Youtube-an di handphone secara Offline

Hallo penabuluers..

Malam ini saya mau menceritakan ilmu yang siang tadi saya dapatkan dari mbak maya, tentang gimana caranya nonton youtube dihandphone secara berulang-ulang tanpa harus online. hihi. mungkin sudah ada yang tau, tapi.. siapa tau bisa bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya, karena buat saya orang yang suka youtube-an di perjalanan menuju markas itu berguna syekaliih, hehe. Read More

Perjalanan 45 Menit

Sudah sering rasanya mendengar penuhnya kereta Jakarta-Bogor saat jam pulang kerja, yaah.. itu adalah sebuah alur perjalanan yang saya rasakan hampir setiap harinya, rasa lelah yang awalnya begitu terasa menyebalkan kini menjadi sebuah hal yang dirindukan ketika sehari saja saya tidak mengalaminya. Setiap harinya selalu ada cerita dalam sebuah perjalanan 45 menit itu, perjalanan dari Pasar Minggu-Bogor, singkat namun selalu membuat saya tersenyum.

Seperti hari selasa kemarin, entah kenapa hari selasa ini stasiun pasar minggu begitu ramai, hiruk pikuk diluar stasiun pasar minggu jauh lebih ramai dari biasanya, banyak sekali keributan kecil antara pejalan kaki dan pengendara motor yang sama-sama tidak mau mengalah. Saya yang berada diantara keributan kecil itu lebih memilih untuk tidak mengikuti cara mereka, tapi lebih memilih untuk berjalan ketika pengendara memang memberikan jalan untuk pejalan kaki menyebrang. Read More

cerita cilebut

Hari senin saya mendapatkan tugas dari om farhan untuk coba mendatangi kembali kantor desa cilebut barat. Untuk melihat dokumen keuangan dari desa tersebut. Buat apa coba? iya, karena saya dan mbak maya sedang membuat panduan untuk aplikasi desa yaitu siap dan simpul, untuk membuat panduan ini kami berdua perlu mengerti bagaimana alur hulu hingga hilir keuangan desa. Nanya ke om farhan, om farhan juga kurang paham, sehingga kami berdua diminta belajar dari dokumen-dokumen keuangan desa itu sendiri dan mendatangi kantor desa.

Rabu pukul 10.00 saya berangkat dari rumah menuju kantor desa cilebut barat. Begitu sampai di kantor desa cilebut barat keramaian sangat tampak jelas dari halaman parkiran kantor desa tersebut. Saya pun lantas menaiki tangga kantor desa, karena memang posisi kantor desa tersebut ada dilantai 2. Saya langsung masuk menuju ruangan Pak Komay, begitu masuk ternyata ruangan pak Komay sedang sangat ramai orang, pak komay melihat saya, dan memberikan isyarat untuk saya masuk. Read More

Belajar dari Distribusi Paket

Senin dan selasa menjadi hari yang cukup membuat saya dan mbak maya jadi perempuan tangguh *cailah*. iya.. bungkusin paket poster UU Desa lebih dari 100 box. (tangguh dari mananya wi? biasa aja ah). hehehe… iya sih terlihat biasa, tapi buat kami itu luar biasa, soalnya jadi belajar distribusi paket yang cukup membuat saya dan mbak maya ngga sadar waktu.ehehe.

awal cerita, mbak maya dapet mandat langsung dari om eko, untuk distribusi poster UU Desa ke tiga daerah, yaitu Yogyakarta, Situbondo dan Berau, saya diminta untuk bantu mbak maya. Tapi.. kondisi saya sebelumnya masih belum stabil, akhirnya mbak maya mengerjakannya sendiri. ngga enak banget rasanya kepikiran mbak maya ngeboxin segitu banyak poster, yaaa… dibantuin sama ryan dan juki sih.

singkat cerita sayapun datang ke rumah paminda sudah ada mbak maya, mas bayu dan mbak phia. saya juga melihat ada kurang lebih 10 paket besar sudah berjejer rapih, saya bertanya ke mbak maya “mbak.. paket2 ini yang mau dikirim ?”, mbak maya pun menjawab sambil tersenyum “iyaaa… banyak kan ya wi?” saya hanya menjawab dengan anggukkan kepala karena takjub. Read More

Cuma Cerita (2) Final

Hay Penabuluers, saya mau menceritakan kelanjutan tulisan saya yang tertunda kemarin nih, maaf yah saya menundanya, karena memang ada sesuatu yang membuat saya jadi menundanya, hehe. Oke saya mengawali cerita saya dengan sapaan “Selamat Pagi !!!”, iya pagi ini saya bangun ketika matahari sudah terbit menyelinap masuk dalam selah-selah jendela kamar saya, (romatis ya dibangunin matahari, padahal kebluk aja bangunnya siang, hehe) bahagia rasanya melihat matahari yang akhirnya muncul bersinar (kembali) setelah beberapa hari hujan terus mengguyur kota hujan, menjadikan bogor seperti kebanyakan orang bilang, Bogor kota hujan.

Saya bangun dengan keadaan mata yang “menyeringai” karena silau, lalu merapihkan tempat tidur seperti biasanya, kemudian bersiap-siap karena waktu sudah menunjukkan pukul 07.15. “semangat! bismillah” kalimat yang saya ucapkan untuk diri saya sendiri ketika membuka pintu dengan segala persiapan yang sudah lengkap, tepat di jam 08.30 saya berangkat menggunakan motor kesayangan saya dengan ditemenai matahari yang luar biasa bersinar terang menuju kantor desa cilebut barat. Read More